Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Journal of Aquaculture Science (JoAS) merupakan media pertukaran informasi dan karya ilmiah pada bidang Akuakultur meliputi teknik budidaya, teknologi, reproduksi dan penyakit ikan pada budidaya. Secara umum, Journal of Aquaculture Science menerima artikel hasil penelitian review artikel dan komunikasi singkat. 

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan dipilih melalui proses Initial Review oleh Editorial Board. Kemudian, artikel tersebut akan dikirim ke narasumber Mitra Bebestari / peer dan akan menuju seleksi berikutnya oleh Peer Preview Process. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Deteksi plagiarisme menggunakan Plagiarism Checker.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Etika Publikasi

1. Naskah adalah asli dan tidak/belum pernah diterbitkan dalam jurnal atau publikasi ilmiah lainnya.

2. Naskah memberikan informasi yang berguna untuk pengembangan sains dan teknologi khususnya di bidang Akuakultur.

3. Informasi yang disajikan dalam naskah berisi kebenaran dan bisa dibenarkan secara ilmiah.

4. Naskah tidak berisi pelanggaran ilmiah seperti pemalsuan dan plagiarisme. Jika terbukti mengandung pelanggaran, tanggung jawabnya dikenakan pada penulis.

 

Deteksi Plagiarisme

Setiap naskah yang dikirimkan ke JOAS akan dilakukan proses screening plagiarism.