Guide for authors

PETUNJUK PENULISAN NASKAH

Journal Of Aquaculture Science (JAS)adalah terbitan  yang dibuat untuk memuat karya ilmiah dalam bidang akuakultur  meliputi teknik budidaya, teknologi, reproduksi dan penyakit yang merupakan hasil dari penelitian maupun artikel ulas balik (review) dan belum pernah dipubilkasikan di tempat lain. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar serta menggunakan program Microsoft Word. Penulis yang akan mengirimkan artikel terlebih dahulu mengisi form pendaftaran serta melampirkan manuskrip. Penulis juga harus menyertakan keteranagn secara jelas mengenai nama pengarang, alamat lengkap, nomor telepon, faks serta alamat surel. Penulis naskaha bertanggung jawab atas keaslian penelitian serta isi dari naskah yang akan diserahkan. Adapun proses penerbitan artikel ilmiah antara lain :

  1. Proses penyerahan Naskah dan pengisian form
  2. Proses evaluasi naskah oleh reviewer yang ditunjuk
  3. Proses revisi naskah
  4. Pengeditan yang telah dinyatakan accepted
  5. Pengiriman hasil penyuntingan naskah kepada penulis untuk dilakukan proof read
  6. Permintaan Assignment of Copyright dari penulis
  7. Penerbitan artikel ilmiah

FORMAT PENULISAN

Ketentuan Umum

  1. Artikel ditulis pada kertas A4 dengan format dua kolom (column), margin 2 kolam pada setiap sisi, diketik dengan 1,5 spasi menggunakan huruf Times New Roman berukuran 12 pt. Artikel yang dibuat tidak boleh melebihi 20 halaman.
  2. Cantumkan no. Halaman pada bagian kanan bawah dimulai dengan halaman 1 pada bagian judul.
  3. Penggunaan nama ilmiah ditulis menggunakan huruf miring (Italic). Penulisan nama ilmiah secara lengkap dilakukan ketika pertama kali disebutkan dalam teks, gambar serta tabel.
  4. Satuan ilmiah, singkatan, dan lambang yang dipakai adalah yang lazim digunakan dan mengikuti kaidah ilmiah.
  5. Penulisan angka dilakukan dalam huruf kecuali jika diikuti dengan satuan pengukuran    (Contoh :  Seratus ekor ikan, 2 kg)
  6. Penggunaan waktu adalah 24 jam (Contoh : jam 06.30). Penulisan tanggal dimulai dari hari, tanggal, bulan dan tahun (Contoh : 07 Januari 2016).
  7. Setiap referensi yang dikutip dalam naskah harus dicantumkan dalam daftar pustaka.
  8. Penulisan aturan antara lain menggunakan aturan :
  • Penulis Tunggal : (Contoh : Andi, 2015) atau Andi (2015))
  • Dua orang penulis : (Contoh : (Andi dan Faisal, 2015) atau Andi dan Faisal (2015))
  • Tiga orang penulis atau lebih (Contoh :  (Andi et al., 2015) atau Andi et al. (2015))
  • Sitiran naskah yang telah diterima (Andi, in press) atau Andi (in press).
  • Tidak boleh menggunakan kutipan dari referensi yang belum diterbitkan.

Penulisan Naskah

  1. Pada manuskrip terdiri dari judul, nama penulis, nama dan alamat institusi, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, serta daftar pustaka ditulis rata kanan dan kiri (Justify. Semua ditulis dalam huruf kapital (Uppercase) dan dicetak tebal (Bold).
  1. Pada bagian sub-bab ditulis dengan huruf kapital di awal kalimat (Sentence Case), dicetak tebal (Bold) dan posisinya di sebelah kiri halaman (allignment left/ justify). Untuk penulisannya dicetak tebal.
  • Judul ditulis singkat, jelas dan informatif. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Judul ditulis dengan menggunakan huruf Times New Roman berukuran 14 pt. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Nama Penulis ditulis lengkap dan tidak disingkat. Menggunakan huruf Times New Roman berukuran 11 pt.
  • Nama dan alamat institusi ditulis lengkap dengan nama jalan dan nomor (atau yang setingkat), nama kota/ kabupaten, kode pos, provinsi, nomor telepon dan faksimili (bila ada). Penulis diberikan nomor (1, 2 dan seterusnya) berdasarakan asal Fakultas/ Departemen dan untuk korespondensi penulis diberikan tanda (*) dan dituliskan emailnya. Menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt.
  • ABSTRAK ditulis singkat (200-300 kata). Abstrak harus informatif dan dijelaskan secara singkat tujuan penelitian, metode khusus (bila ada), hasil utama dan kesimpulan utama. Abstrak sering disajikan terpisah dari artikel, sehingga harus dapat berdiri sendiri (dicetak terpisah dari naskah lengkap). Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt.
  • KATA KUNCI maksimum lima kata, meliputi nama ilmiah dan lokal (jika ada), topik penelitian dan metode khusus; diurutkan dari A sampai Z; ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.
  • Singkatan (jika ada): Semua singkatan penting harus disebutkan kepanjangannya pada penyebutan pertama dan harus konsistensi.
  • PENDAHULUAN adalah sekitar 400-600 kata, meliputi tujuan penelitian dan memberikan latar belakang yang memadai, menghindari survei literatur terperinci atau ringkasan hasil. Tunjukkan tujuan penelitian di paragraf terakhir. Pustaka dalam naskah ditulis dalam sistem "nama dan tahun"; dan diatur dari yang terlama ke terbaru, lalu dari A ke Z. Dalam mengutip sebuah artikel yang ditulis oleh dua penulis, keduanya harus disebutkan, namun, untuk tiga dan lebih penulis, hanya nama akhir (keluarga) penulis pertama yang disebutkan, diikuti dengan et al. (miring), misalnya: Saharjo dan Nurhayati (2006) atau (Boonkerd 2003a, b, c; Sugiyarto 2004; El-Bana dan Nijs 2005; Balagadde et al., 2008; Webb et al., 2008). Kutipan bertingkat seperti yang ditunjukkan dengan kata cit. atau dalam harus dihindari.
  • BAHAN DAN METODE harus menekankan pada prosedur/cara kerja dan analisis data. Untuk studi lapangan, lebih baik jika lokasi penelitian disertakan. Keberadaan peralatan tertentu yang penting cukup disebutkan dalam cara kerja.
  • HASIL DAN PEMBAHASAN ditulis sebagai suatu rangkaian, namun, untuk naskah dengan pembahasan yang panjang dapat dibagi ke dalam beberapa sub judul. Hasil harus jelas dan ringkas menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana hasil terjadi, tidak sekedar mengungkapkan hasil dengan kata-kata. Pembahasan harus merujuk pada pustaka-pustaka yang penelitian terdahulu, tidak hanya opini penulis dan ditulis dengan menggunakan bahasa ilmiah sesuai dengan kaidah oenulisan karya ilmiah.
  • KESIMPULAN Pada bagian akhir pembahasan perlu ada kalimat penutup.
  • UCAPAN TERIMA KASIH (Jika ada) disajikan secara singkat; semua sumber dana penelitian perlu disebutkan, dan setiap potensi konflik kepentingan disebutkan. Penyebutan nama orang perlu nama lengkap. Lampiran (jika ada) harus dimasukkan dalam Hasil dan Pembahasan.
  • DAFTAR PUSTAKA Sebanyak 80% dari daftar pustaka harus berasal dari jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir, kecuali untuk studi taksonomi.
  • Jurnal: Verschuere L, Rombaut G, Sorgeloos P, Verstraete W. 2000. Probiotic Bacteria as Biological Control Agents in Aquaculture. Microbiology and Molecular Biology Reviews, 64(4): 655-671.
  • Article DOI: Jin, E.S. & Melis, A. Biotechnol. Bioprocess Eng. (2003) 8: 331. https://doi.org/10.1007/BF02949276.
  • Buku: Rai MK, Carpinella C. 2006. Naturally Occurring Bioactive Compounds. Elsevier, Amsterdam.
  • Prosiding: Alikodra HS. 2000. Biodiversity for development of local autonomous government. In: Setyawan AD, Sutarno (eds). Toward Mount Lawu National Park; Proceeding of National Seminary and Workshop on Biodiversity Conservation to Protect and Save Germplasm in Java Island. Sebelas Maret University, Surakarta, 17-20 July 2000.
  • Tesis, Disertasi: Johari HS. 2009. Analisis Pencemaran Logam
    Berat Cu, Cd, dan Pb di Perairan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Provinsi Jakarta [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor..
  • Dokumen Online: Balagadde FK, Song H, Ozaki J, Collins CH, Barnet M, Arnold FH, Quake SR, You L. 2008. A synthetic Escherichia coli predator-prey ecosystem. Mol Syst Biol 4: 187. www.molecularsystemsbiology.com [21 April 2015].

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digari bawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis Naskah, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. proses pengulasan dilakukan secara double blind review, dimana identitas penulis dan penyunting tamu disembunyikan. Namun, dalam kasus untuk mempercepat proses penilaian identitas keduanya dapat dibuka dengan persetujuan kedua belah pihak.
  7. Penulis umumnya akan diberitahu penerimaan, penolakan, atau keperluan untuk merevisi dalam waktu 2-3 minggu.
  8. Naskah ditolak, jika konten tidak sesuai dengan ruang lingkup publikasi, tidak memenuhi standar etika (yaitu: kepenulisan palsu, plagiarisme, duplikasi publikasi, manipulasi data dan manipulasi kutipan), tidak memenuhi kualitas yang diperlukan, ditulis tidak sesuai dengan format, memiliki tata bahasa yang rumit, atau mengabaikan korespondensi dalam waktu tiga minggu.