Publication Ethics

Publication Ethics and Malpractice Statement

Journal of Aquaculture Science (p-ISSN: 2550-09110; e-ISSN: 2579-4817) adalah jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Akuakultur PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Pernyataan ini menjelaskan perlakuan etis pada semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan dalam jurnal ini, antara lain Penulis, Pimpinan Redaksi, Dewan Redaksi, peer-reviewer dan Penerbit. Pernyataan ini berdasarkan pada pedoman COPE (Committee on Publication Ethics).

Penulis

  • Penulis merupakan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan penelitian dan bertanggung jawab terhadap publik untuk semua bagian konten serta memastikan orisinalitas dan plagiarisme dari naskah yang telah dikirimkan pada redaksi.
  • Naskah yang telah dikirimkan kepada editor merupakan naskah asli, ditulis sendiri, bersumber pada ide dan gagasan sendiri dan bukan menjiplak karya tulis atau ide dan gagasan dari orang lain.
  • Penulis harus memberikan informasi tentang hasil penelitiannya secara jujur, jelas, dan menyeluruh kepada redaksi.
  • Penulis harus memberikan informasi bahwa naskah yang dikirimkan atau diserahkan belum pernah kepada penerbit atau publikasi lain dan bukan bukan merupakan Pengulangan Pengiriman. Apabila ditemukan, maka redaksi akan menolak naskah yang dikirimkan oleh Penulis.
  • Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan naskah kepada redaksi baik berupa naskah hasil review maupun hasil edit, maka penulis harus segera mengiformasikannya kepada redaksi.
  • Penulis harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga naskah dapat diproses secara lancar dan aman.

 

Editor

  • Melakukan prosess penelaan naskah yang masuk secara menyeluruh, transparan dan objektif, adil serta bijaksana. Sehingga dapat mengambil sebagai dasar teori dalam menerima atau menolak suatu naskah.
  • Memastikan bahwa panduan penulisan naskah bagi penulis dan pihak lain yang berkepentingan dapat diakses dan dibaca secara jelas.
  • Harus objektif, netral dan jujur tanpa membedakan dalam proses editing naskah yang telah diterima
  • Menjaga kerahasiaan setiap informasi yang didapat dengan baik, khususnya terkait dengan privasi penulis dan distribusi naskah.
  • Memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

Reviewer

  • Reviewer harus melaksanakan kegiatan review dengan jujur, objektik, tidak bias dan independen serta bersikap secara professional.
  • Reviewer harus memastikan kejelasan sumber referensi yang sesuai dan kredible (Dapat dipertanggung jawabkan). Jika ada kesalahan atau penyimpangan, maka reviewer harus segera menginformasikan ke redaksi untuk dilakukan perbaikan.
  • Reviewer harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

Pengelolah Jurnal

  • Memberi masukkan redaksi dalam pelaksanaan redaksional, seoerti menyangkut keseuaian berita yang dibuat dengan visi dan misi organisasi.
  • Menjamin dan melindungi hak kekayaan intlektual (hak cipta), transparan dalam pengelolaan jurnal serta mempublikasikan hasil terbitan kepada masyarakat.
  • Memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

Plagiarisme

  • Plagiarisme (penjiplakan) adalah praktek mengambil karya atau ide-ide orang lain dan mengakuinya sebagai milik sendiri tanpa mengikutsertakan orang-orang tersebut. Naskah yang diajukan harus merupakan karya asli penulis (atau para penulis).

Duplikasi publikasi

  • Duplikasi publikasi adalah publikasi naskah yang tumpang tindih secara substansial dengan salah satu publikasi yang sudah diterbitkan, tanpa referensi yang dengan nyata merujuk pada publikasi sebelumnya. Kiriman naskah akan dipertimbangkan untuk publikasi hanya jika mereka diserahkan semata-mata untuk publikasi ini dan tidak tumpang tindih secara substansial dengan artikel yang telah diterbitkan. Setiap naskah yang memiliki hipotesis, karakteristik sampel, metodologi, hasil, dan kesimpulan yang sama (atau berdekatan) dengan naskah yang diterbitkan adalah artikel duplikat dan dilarang untuk dikirimkan, bahkan termasuk, jika naskah itu telah diterbitkan dalam bahasa yang berbeda. Mengiris data dari suatu "penelitian tunggal" untuk membuat beberapa naskah terpisah tanpa perbedaan substansial harus dihindari.

Manipulasi data Fabrikasi

  • Manipulasi atau pemalsuan data merupakan pelanggaran etika dan dilarang.

Manipulasi pengacuan

  • Manipulasi pengacuan Hanya kutipan relevan yang dapat digunakan dalam naskah. Kutipan (pribadi) yang tidak relevan untuk meningkatkan kutipan penulis (h-index) atau kutipan yang tidak perlu untuk meningkatkan jumlah referensi tidak diperbolehkan.

Persetujuan etika Percobaan

  • Persetujuan etika Percobaan yang dilaksanakan pada manusia dan hewan harus mendapat izin dari instansi resmi dan tidak melanggar hukum. 

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI)

  • Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) Penulis (atau para penulis) harus taat kepada hukum dan/atau etika dalam memperlakukan objek penelitian, memperhatikan legalitas sumber material dan hak atas kekayaan intelektual.

Konflik kepentingan dan sumber pendanaan Penulis

  • Konflik kepentingan dan sumber pendanaan Penulis (atau para penulis) perlu menyebutkan semua sumber dukungan keuangan untuk penelitian dari institusi, swasta dan korporasi, dan mencatat setiap potensi konflik kepentingan.

Hak Cipta

  • Hak Cipta Pengiriman naskah menyiratkan bahwa karya yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan sebelumnya (kecuali sebagai bagian dari tesis atau laporan, atau abstrak); bahwa tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain; bahwa publikasi telah disetujui oleh semua penulis pendamping (co-authors). Jika dan ketika naskah diterima untuk publikasi, penulis masih memegang hak cipta dan mempertahankan hak penerbitan tanpa pembatasan. Penulis atau orang lain diizinkan untuk memperbanyak artikel sepanjang tidak untuk tujuan komersial. Untuk penemuan baru, penulis disarankan untuk mengurus paten sebelum diterbitkan.

Open Access

  • Open Access Publikasi ini berkomitmen untuk membebaskan terbuka akses (free-open access) yakni tidak mengenakan biaya kepada pembaca atau lembaganya untuk akses. Pengguna berhak untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, menyetak, mencari, atau membuat tautan ke naskah penuh, sepanjang tidak untuk tujuan komersial.Jenis lisensi adalah CCBY-NC-SA.